Fakta Penting Yang Berguna Dalam Proses Perawatan Bayi

Bagi para orang tua khususnya yang baru memiliki momongan merawat bayi menjadi salah satu kegiatan unik yang menyenangkan dalam berumah tangga. Bayi memiliki perilaku unik sehingga memerlukan perhatian dan perawatan khusus terlebih untuk bayi yang baru lahir. Oleh ebab itu maka tak heran jika ada orang tua yang merasa takut ketika harus merawat bayi yang baru saja lahir. Pada dasarnya perawatan bayi itu cukup mudah dan tak jauh berbeda dengan merawat anak-anak hanya saja ada sedikit perlakuan khusus yang perlu anda ketahui sebagai orang tua sang bayi. Berikut ini fakta penting yang berguna dalam proses perawatan bayi.

Bayi baru lahir memerlukan ASI setiap 2 jam sekali

Organ dalam seperti lambung pada bayi masih memiliki ukuran yang sangat kecil sehingga bayi tak bisa menampung jumlah makanan ASI dalam jumlah yang banyak. Maka oleh sebab itulah bayi akan sering merasa lapar, bayi memerlukan asupan ASI kurang lebih 1 sampai 2 jam sekali. Hal ini bisa dilihat dari tanda-tanda yang muuncul, ketika bayi sudah merasa lapar biasanya ia akan menangis dengan keras, mengecap bibirnya atau menghisap tangannya.

Bayi memerlukan waktu tidur yang panjang

Waktu tidur bayi dengan waktu tidur orang dewasa tidaklah sama baik dari segi intensitas dan durasi waktunya. Dalam sehari bayi dapat tidur sampai 18 atau bahkan 20 jam yang terbagi menjadi beberapa  waktu. Bayi biasanya akan lebih sering terjaga ketika di siang harinya sudah tiidur dalam waktu yang lama. Oleh karena itu untuk menyiasatinya anda bisa membiarkan atau mengajak bayi bermain atau beraktivitas di siang hari agar di malam harinya sang bayi bisa tidur dengan lelap.

Gumoh

Gumoh merupakan suatu keadaan dimana sang bayi kembali mengeluarkan apa yang ia makan atau yang ia minum. Gumoh ini berbeda dengan muntah karena gumoh biasanya terjaddi akibat sistem pencernaan yang belum matang. Untuk menghindari gumoh sebaiknya posisikan bayi dalam posisi yang tegak sekitar setengah jam setelah ia mendapatkan asupan ASI.

Leave a Reply