Manfaat Pisang Untuk Pencernaan dan Diare

Pisang membantu memulihkan fungsi usus untuk kembali normal. Dan karena pisang kaya serat, maka pisang merupakan sesuatu yang Anda harus cari karena baik untuk kesehatan pencernaan. Juga, kelancaran fungsi saluran pencernaan Anda tergantung pada otot-ototnya – itu kontrak dalam pola seperti gelombang (proses yang disebut peristaltik). Dan potasium memainkan peran utama dalam fungsi otot, yang karenanya dapat membantu dalam proses ini.

Manfaat Pisang Untuk Pencernaan dan Diare

Pisang kaya serat tidak larut dan larut. Yang pertama menambah banyak makanan Anda dan membantu dalam gerakannya yang halus – itu juga membantu Anda merasa kenyang setelah makan. Serat larut meningkatkan kesehatan usus Anda. Ini juga memperlambat penyerapan lemak dan karbohidrat, menjaga kadar gula darah Anda dalam kisaran yang sehat.

Buah ini juga kaya sumber fructooligosaccharides, yang prebiotik yang memberi makan bakteri ramah di usus – ini membantu meningkatkan kesehatan usus dan lebih efektif daripada probiotik lainnya. Pisang yang matang sepenuhnya bisa lebih efektif dalam mengobati masalah pencernaan.

Karena pisang adalah antasida alami, mereka dapat membantu menetralisir asam lambung dan membantu dalam pengobatan maag. Komponen lain dalam pisang, leucocyanidin, meningkatkan ketebalan selaput lendir lambung – ini menawarkan perlindungan tambahan dari bisul. Pisang pisang pisang yang masih mentah dapat menstimulasi pertumbuhan mukosa lambung ( 29 ).

Pisang hijau kaya akan pati resisten yang dapat membantu mengobati konstipasi ( 30 ). Dan karena pisang secara alami rendah dalam asam, mereka juga dapat membantu meringankan mulas. Pisang matang yang bagus akan menempel pada lapisan esofagus yang teriritasi – membentuk film pelindung yang menenangkan dan mengobati sakit maag.

Namun, ada beberapa penelitian yang saling bertentangan untuk dipertimbangkan juga. Tapi dengan pisang mentah. Buah mentah mengandung sekitar 100-250 mg tannin (untuk setiap 100 g) dan pati amilase-tahan dalam jumlah tinggi. Ini dapat menyebabkan konstipasi atau memperburuk kondisi yang sudah ada sebelumnya ( 31 ). By the way, properti ini telah digunakan dalam diet BRAT untuk pengobatan diare.

Membantu Mengobati Diare

Pisang membantu dalam pengobatan diare melalui penggantian elektrolit. Karena buah ini kaya kalium, itu dapat membantu menggantikan potasium yang hilang ( 27 ). Anda cukup makan pisang untuk mendapatkan bantuan. Anda kemudian dapat menambahkan sedikit garam ke air dan minum campurannya – ini akan membantu menggantikan natrium dan klorida yang hilang.

Ada satu diet khusus yang dirancang untuk pemulihan cepat dari diare. Ini disebut diet BRAT – pisang, nasi, saus apel, dan roti panggang. Ini sangat efektif untuk bayi dan anak-anak dengan sakit perut. Diet ini mengurangi jumlah kotoran yang diproduksi oleh tubuh dan memberikan istirahat ke perut. Namun, lebih baik pergi untuk diet seimbang normal karena diet BRAT rendah protein, serat, dan lemak – dan karenanya tidak memiliki semua nutrisi yang dibutuhkan. Juga, dalam 24 jam diare, Anda harus makan diet yang mencakup buah-buahan dan sayuran. Meskipun diet BRAT baik-baik saja, tidak lagi menjadi pilihan diet yang disukai untuk menghilangkan diare ( 28 ).

Leave a Reply